Cara Meracik Umpan Jitu Mancing Ikan Untuk Harian atau Lomba, Umpan Paten Sederhana dan Murah Meriah.

11/14/2017

Cara mancing dan Mengatasi Ikan Tidak Mau Makan Umpan Di Kolam Berlumut

Memancing di kolam yang berlumut memang sering menjadi keluhan para pemancing yang merasa terganggu dengan keberadaan lumut di dasar kolam. Ketika panas, kadang lumut-lumut ini mengelupas dari dasar kolam dan akan mengambang ke permukaan air dan tentunya jika dalam jumlah yang banyak akan sangat mengganggu aktifitas memancing. Sebenarnya ini adalah PR yang harus segera di atasi oleh pemilik atau pengelola kolam pemancingan sebelum pelanggan kabur karena merasa terganggu dengan keberadaan lumut-lumut tersebut. Permasalahan ini biasanya di alami oleh beberapa kolam pemancingan yang letaknya kurang dari 1 km dari sumber air atau mata air.

Menanggulangi Lumut Di Dasar Kolam Pemancingan

Untuk sekedar mengurangi keberadaan lumut-lumut ini sebenarnya bisa dilakukan dengan cara menjaring lumut-lumut yang mengambang saat terkena panas. Namun ini hanya sekedar mengurangi saja bukan membasmi, karena saat terik matahari memberikan kehangatan di dasar kolam, lumut-lumut ini akan terangkat dan mengambang di permukaan air. Bila kondisi dasar kolam sudah kembali dingin di sore hari, saat mendung atau hujan turun, lumut-lumut ini akan kembali tenggelam dan mendarat di dasar kolam. Dan uUntuk menanggulangi menyebarnya lumut di kolam biasanya di lakukan pengeringan atau pengurasan kolam dan membiarkan kondisi dasar kolam kering kerontang beberapa hari hingga keberadaan lumut-lumut ini akan hilang karena kondisi dasar kolam yang kering. Namun melakukan pengurasan atau pengeringan kolam ini tentunya berdampak negatif dengan menghentikan fungsi pemancingan untuk beberapa hari sampai proses pembasmian lumut selesai dan tentunya untuk beberapa hari itu kolam mati suri tanpa pemasukan. Bukan hanya itu, dampak negatif lainnya adalah pelanggan berpeluang untuk mencari tempat pemancingan yang baru, dan celakanya lagi bila mereka merasa lebih nyaman dan betah di pemancingan lain hingga mereka enggan kembali ke pemancingan lama walaupun kondisi kolam sudah tidak berlumut lagi.

Cara Memancing Di Kolam Yang Banyak Lumutnya

Seperti yang sudah saya jabarkan di atas, keberadaan lumut-lumut di kolam pemancingan akan sangat mengganggu aktifitas memancing yang biasanya ikan susah memakan umpan ketika lumut-lumut di dasar kolam sudah mulai menebal. Sebenarnya lumut inilah yang membuat ikan tidak memakan umpan kita bukannya ikan tidak mau makan, alasannya sangat jelas karena kebiasaan ikan mas akan mencari makan di dasar kolam dengan mengais-ngais lumpur atau menyusuri dasar kolam. Perlu kita sadari bahwa umpan yang kita lontarkan dan jatuh di dasar kolam akan hilang tertutupi oleh tebalnya lumut, sementara ikan mas akan sulit menemukan keberadaan umpan yang terbungkus rapi di pelukan erat ketebalan lumut. Ikan mas sangat menyukai dasar kolam yang bersih dan berlumpur atau bagian dangkal batuan cadas bukan dasar air yang banyak lumutnya, justru ikan mas akan menghindari bagian dasar kolam yang berlumut. Berikut ini adalah cara memancing ikan di kolam yang banyak lumutnya :

Cara 1
Jika memang hampir semua bagian dasar kolam terbungkus oleh lumut, yang harus kita lakukan adalah menyingkirkan keberadaan lumut di dasar kolam tempat kita akan menjatuhkan umpan. Bila memang pengelola kolam bersedia, mintalah untuk membersihkan dengan cara apapun yang penting lumut tersingkirkan dari dasar kolam. Ada beberapa pemancing yang kadang nekat nyebur hanya untuk menyingkirkan lumut dan membuat bagian dasarkolam sedikit dalam di mana mereka akan menjatuhkan umpan. Ukuran lubang bisa di buat sekitar 50 x 50 cm dengan kedalaman kurang lebih 10 - 15 cm dari rata-rata permukaan dasar kolam, jika sobat males nyebur seperti saya bisa minta tolong sama yang punya kolam atau bayar orang, hehe... Biasanya setelah beberapa menit, ikan-ikan akan berkumpul di bagian dasar kolam yang kita buat lubang tadi, siap-siaplah gentak joran karena untuk strik pertama, kedua, ketiga dan seterusnya.

Cara 2
Cara ini cukup gampang karena kita hanya menggunakan umpan seolah memancing seperti biasanya. Buatlah umpan sekeras mungkin atau bisa gunakan pengganti umpan yang akan kita pasang di kail. Gunakan kail rangkaian cabang 3 (tiga) bila perlu 4 (empat), tujuannya supaya saat kita melempar umpan kedasar kolam dan menarik kembali pelan-pelan, lumut akan tersangkut atau setidaknya bergeser dari dasar kolam. Lakukan berulang-ulang sampai dirasa dasar kolam sudah bersih atau setidaknya berkurang dari gumpalan lumut. Dengan demikian, besar harapan ikan akan mendatangi bagian dasar kolam yang sudah kita bersihkan dari lumut dengan cara tersebut dan besar pula kemungkinan umpan kita di makan ikan.

Cara 3
Kondisi dasar kolam yang hampir semua bagian di selimuti lumut, membuat ikan mas selalu mencari tempat yang berlumpur dan ikan-ikan ini sedikit mengambang di atas ketebalan lumut. Cara yang bisa kita lakukan adalah gunakan kail rangkaian cabang tiga dengan harapan salah satu dari umpan tidak tertutupi oleh tebalnya lumut. Bisa juga gunakan pelampung yang setidaknya bisa mengangkat salah satu umpan di rangkaian cabang yang paling atas, artinya kita gunakan teknik memancing sedikit mengambang di permukaan dasar kolam.

Demikianlah trik atau cara memancing di kolam yang berlumut, semoga cara sederhana ini bermanfaat untuk pembaca dan terimakasih atas kunjungannya. Untuk membaca artikel yang lain masih seputar pemancingan, umpan ikan, dan lain-lain silahkan lihat di daftar isi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara mancing dan Mengatasi Ikan Tidak Mau Makan Umpan Di Kolam Berlumut

1 komentar: